728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 05 April 2016

Pemprov Lampung Minta Pengambilan Empat Jembatan Timbang Dikaji Oleh Kemenhub

Ilustrasi JembatanTimbang (Ist)
Bandarlampung.- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diminta mengkaji rencana pemgambilan jembatan timbang yang tersebar seluruh Indonesia sekitar 130 lokasi termasuk Provinsi Lampung.

Kepala UPTD Bina Sarana Operasional Transportasi (BSOT) Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Andrianto Wahyudi mengatakan bahwa Kemenhub harus mengkaji pengambilan alih jembatan timbang.

"Ini sesuai dari UU No 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah dan kami sudah menerima imbauan dari Kementerian Perhubungan dan ini mulai 31 Oktober sudah diambil alih," kata Aan sapaan karibnya di Hotel The Seven, Selasa (5/4).

Ke-empat jembatan timbang yang akan diambil alih itu berada di ruas jalan nasional yakni  Way Urang dan Gayam (Lampung Selatan), Blambangan Umpu (Waykanan) serta Pematang Panggang (Mesuji).

“Saya minta ini ditinjau kembali sesuai dengan otonomi daerah,” paparnya. Alasanya, Kemenhub mengkaji lebih dalam lagi, karena sudah tidak sesuai dasarnya dengan Uu otonomi daerah. 

Sebab, Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pasalnya kedudukan gubenur juga  merupahkan perpanjangan tangan dari pemerintah pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Idrus Efendi, telah melapor kepada pihak Kemenhub soal adanya pengambilan alih empat jembatan timbang.

“Kalau bisa jembatan timbang ini jangan diambil, karena ada faktor keuntungan dari ini. Khususnya pembangunan,” paparnya.

Lebih lanjut Mantan Sekda Pringsewu menerangkan, tidak ada alasan bahwa pemerintah pusat mengatakan sarana dan prasarana kurang berjalan. Padahal Dishub sudah melakukan yang terbaik di jembatan timbang.

“Saya mengusulkan pusat bisa memperbaiki, dan mendukung sarana dan prasaran,” pungkas dia.

Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Senin (28/3) kedatangan Tim Kementerian Perhubungan dalam persoalan pengalihan kewenangan Jembatan Timbang,menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Idrus Effendi kedatangan mereka untuk meninjau keberadaan empat Jembatan Timbang yang ada di Lampung. Menhub Ignasius Jonan telah memerintahkan kepada Kepala Dinas Perhubungan Provinsi untuk mendata aset Jembatan timbang sebelum pengambilalihan terlaksana. (Lbs)
Item Reviewed: Pemprov Lampung Minta Pengambilan Empat Jembatan Timbang Dikaji Oleh Kemenhub Rating: 5 Reviewed By: Unknown