728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 16 April 2016

Provinsi Lampung Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Wakil Gubernur Provinsi Lampung Bachtiar Basri, Saat Menyerahkan Piala Kepada Pemenang Lomba baca Kitab Kuning yang di gelar di Kantor DPW PKS Lampung, Sabtu 16 April 2016. Foto Dok : Humas Pemprov Lampung
BANDARLAMPUNG,- Provinsi Lampung menggelar acara Lomba Baca Kitab Kuning "Fathul Mu'in", Terlebih merupakan salah satu bentuk cara menghargai karya dan intelektual Islam pada masa silam. Demikian disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Lampung Bachtiar Basri di Kantor DPW PKS Lampung, Sabtu (16/04).

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam arahannya Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menjelaskan bahwa seorang Muslim memang sudah sepatutnya mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu Islam yang termaktub dalam kitab kuning. Hal ini dikarenakan yang menyusun Kitab Kuning bukan hanya ilmuwan dan intelektual dari satu negara saja, tapi dari mancanegara.

"Membaca kitab kuning juga sebagai bentuk penghargaan yang dimaksudkan agar umat mampu menghargai karya dan sumbangsih intelektual Islam pada masa silam. Baik yang ditulis oleh ulama nusantara ataupun negara lain", jelasnya.

Selain itu, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri juga menjelaskan bahwa lomba ini dilakukan untuk mendorong dan meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap ilmu agama, sehingga lomba ini dibatasi untuk usia 15-25 tahun.

Sementara Ketua DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin menjelaskan bahwa lomba ini merupakan yang pertama dilaksanakan dan diharapkan menjadi kegiatan tahunan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa lomba ini merupakan tahap seleksi Tingkat Provinsi sebelum mengikuti Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh DPP PKS pada 24 April mendatang di Jakarta.

"Dewan Juri dalam tahap seleksi tingkat Provinsi ini adalah Rektor IAIN Raden Intan Lampung,  Mohammad Mukri dan Alumni  Ponpes Krapyak Yogyakarta Ahmad Mufti Salim yang juga Ketua DPW PKS Lampung", jelasnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam lomba ini diikuti oleh puluhan santri yang berasal dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dan peserta terbanyak berasal dari Kota Bandar Lampung.

Adapun santri yang berhasil memenangkan perlombaan adalah  Juara 1 diraih oleh Cecef Kakah Junaidi dari Ponpes Madarijul Ulum, Juara 2 diraih oleh Syarif dari DPC Lampung Utara dan Juara 3 diaraih oleh M. Hadi dari Ponpes Raudatun Nuroniah.

"Pemenang Juara 1 akan segera mengikuti lomba Baca Kotab kuning Tingkat Nasional pada 24 April mendatang", tambahnya. (Rls)
Item Reviewed: Provinsi Lampung Gelar Lomba Baca Kitab Kuning Rating: 5 Reviewed By: Unknown