728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 04 April 2016

HUT ke-7 Kabupaten Tulang Bawang Barat

Add caption
TULANGBAWANGBARAT,- Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi berbagai kemajuan pembangunan yang telah dicapai pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Hal tersebut disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo melalui Kepala Biro Otonomi Daerah Chandri, Senin (4/4) pada Sidang Paripurna dalam rangka HUT ke-7 Kabupaten Tulang Bawang Barat di Kab. Tulang Bawang Barat.

“Ke depan diharapkan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat dapat sepenuhnya mendukung program yang dicanangkan Bupati. Selain telah terbukti juga selaras dengan program pembangunan yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Lampung, seperti Pembangunan Jalan Tol yang akan melintasi Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ujar Chandri.

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, diharapkan Pemerintah Tulang Bawang Barat untuk bersinergi dengan program Pemerintah Provinsi yang akan dilaksanakan di Tulang Bawang Barat. Diantaranya 1) Penyiapan Lahan di Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk dukungan pengembangan kawasan industri seluas lebih kurang 5000 Ha, 2) Penyiapan kawasan pendukung pertanian dan perternakan  masyarakat sebagai lumbung ternak dan 3) Penyelesaian substansi teknis dan legalitas Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) sebagai paduan rancang bangun pembangunan ruang.

Selain itu Gubernur meminta Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk mendukung program gratis tingkatan SD/MI dan SMP/MTs. Pemkab Tuba Barat juga diminta untuk memprioritaskan peningkatan akses  dan mutu pelayanan kesehatan dasar di puskesmas dan jaringannya dengan pendekatan keluarga dalam rangka mengurangi angka kematian ibu, bayi dan kurang gizi.

“Hal lain yang perlu dilaksanakan yaitu terkait dengan alih status jalan menjadi jalan provinsi, serta perlunya sinergiprogram/kegiatan Gerbang Desa Saburai dalam upaya pengentasan kemiskinan khususnya sasaran desa tertinggal di Kabupaten Tulang Bawang Barat, “ ujar Karo Otda.

Sementara itu Bupati Tuba Barat Umar Achmad dalam sambutannya mengatakan, 7 Tahun yang lalu Mendagri mengesahkan terbentuknya Kabupaten Tulang Bawang Barat. Hal ini merupakan puncak kerja keras dari seluruh para perintis/tokoh pemekaran Kabupaten TBB. 

“Capain pembangunan hari ini adalah perjuangan seluruh komponen masyarakat dan pemerintah. Sebagai daerah otonomi baru kita telah membuktikan percepatan pembangunan di daerah yang kita cintai,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Umar Achmad memaparkan prestasi dan keberhasilan dari tahun ketahun, baik bidang pembangunan infrastruktur, pendidikan, ekonomi, pertanian dan perkebunan, bidang sosial, kebudayaan hingga capaian peningkatan PAD. “Semuanya adalah berkat kebersamaan antar seluruh lapisan di Kabupaten Tulang Bawang Barat,” tambahnya.

Diketahui, berdasarkan Sejarah Kabupaten yang dibacakan Ketua DPRD Tulang Bawang Barat Busroni, Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang terdiri atas 8 (delapan) kecamatan, yaitu Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kecamatan Lambu Kibang, Kecamatan Gunung Terang, Kecamatan Tumijajar, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kecamatan Gunung Agung, Kecamatan Way Kenanga, dan Kecamatan Pagar Dewa. 

Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki luas wilayah keseluruhan ± 1.201,00 km2. Kabupaten Tulang Bawang Barat diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 29 Oktober 2008 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2008 Tentang Pembentukan Kabupaten Tulang Bawang Barat Di Provinsi Lampung tanggal 26 November 2008. (Rls)
Item Reviewed: HUT ke-7 Kabupaten Tulang Bawang Barat Rating: 5 Reviewed By: Unknown