728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 12 April 2016

Dinas Bina Marga Tambal Sulam Jalan Provinsi Simpang Korpri-Desa Sukadamai

Ilustrasi Perbaikan Jalan (Ist)
BANDARLAMPUNG,-Tahun 2016 Dinas Bina Marga (DBM) Provinsi Lampung  menganggarkan jalan provinsi Simpang Korpri-Desa Sukadamai (Lampung Selatan) sebesar Rp2,5 miliar.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DBM Tony Ferdiansyah menuturkan anggaran tersebut diperuntukan untuk pemeliharaan.

“Kita disana tidak melakukan bangunan. Tapi hanya pemeliharaan, karena pada tahun 2015 sudah dianggarkan untuk pembangunan sebesar Rp10 miliar,” kata Tony, di lingkungan Dinas Bina Marga (DMB), Senin (11/4).

Menurut Tony, besaran anggaran pemeliharaan itu diperkirakan mampu memperbaiki jalan sepanjang 1,5 kilometer dari total panjang 20, 468 km. DBM, kata Tony, fokus pada jalan rusak saja. 

“Karena kita lihat disana (Jatimulyo) tidaklah begitu rusak berat jalanya,” sebutnya. Sehingga, dengan anggaran 2,5 miliar perbaikan jalan dilakukan dengan cara tambal sulam. “Tapi bukan hanya tambal sulam saja, ya, nanti juga dilakukan pemeretaan pada bagian yang ditambal sulam tersebut,” imbuhnya. 

Belum lagi, nanti jalan tersebut ditangani oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), dengan menggunakan dana swakelola. “Ya, kalau kami (DBM) anggaran hanya dana berkala. Tapi kalau UPTD memakai dana swakelola. Yang nanti uang tersebut bisa diperuntukan jika memang kondisi jalan tersebut rusak parah,” tukasnya. 

Untuk saat ini, perbaikan pemeliharaan belum dilakukan tender. Karena masih dalam penyusunan dokumen. “Yang jelas pada intinya segera mungkin untuk kita kerjakan,” tutupnya.

Sementara, sebagian besar masyarakat yang berada dipinggiran ruas jalan Pangeran Senopati, Kecamatan Jatimulyo, Lampung Selatan mengharapkan perbaikan jalan. 

Salah seorang pengendara yang kerap melinta di jalan tersebut Setio
(33) warga Jatimulyo mengatakan, tidak sedikit pengguna jalan yang menjadi korban karena buruknya kondisi jalan Pangeran Senopati. Kendati sudah bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sampai saat ini jalan tersebut belum mendapat perhatian Pemprov Lampung.

“Sudah puluhan tahun jalan ini kondisinya rusak parah, tapi tidak mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal (jalan P.Senopati) ini adalah jalan alternaif menghubung Bandar Lampung, Lampung Selatan dan Lampung Timur,” keluhnya.

Dirinya mengatakan, karena tidak kunjung mendapat perhatian pemerintah, masyarakat yang berada dipinggiran jalan Pangeran Senopati berinisiatif melakukan perbaikan seperti menimbun lubang-lubang besar yang dianggap mengancam keselamatan para pengendara dengan menggunakan batu putih dan peralatan seadanya.

“Saya sangat mengapresiasi perbaikan yang dilakukan masyarakat. Sebab kalau menunggu pemerintah yang memperbaiki sepertinya sangat tidak mungkin, ditambah lagi perlu dana yang besar juga untuk memperbaiki jalan ini,” kata dia.

Dirinya menambahkan, pada September tahun lalu dirinya pernah melihat masyarakat melakukan perbaikian seperti saat ini, namun jalan tersebut kembali mengalami kerusakan karena jenis batu yang digunakan masyarakat untuk memperbaiki jalan tidak sesuai dengan spesifikasi perkerjaan kontruksi.

“Pada bulan September lalu masyarakat juga pernah melakukan perbaikan seperti ini, tapi rusak lagi karena batu yang digunakan bukan batu belah hitam melainkan batu putih biasa. Karena setahu saya untuk perbaikan jalan itu menggunakan batu hitam,” pungkasnya. (Bong)
Item Reviewed: Dinas Bina Marga Tambal Sulam Jalan Provinsi Simpang Korpri-Desa Sukadamai Rating: 5 Reviewed By: Unknown