728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 22 April 2016

M. Ridho Ficardo Menjadi Narasumber Seminar Nasional

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menjadi narasumber dalam Seminar Nasional tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi, Elektronifikasi dan Komunikasi,  di Auditorium Bank Indonesia Bandar Lampung. Jumat  22 April 2016. Foto Dok Humas Pemprov Lampung
BANDARLAMPUNG,-Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menjadi narasumber dalam Seminar Nasional tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi, Elektronifikasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Daya Saing Indonesia, di Auditorium Bank Indonesia Bandar Lampung. Jumat (22/4).

Acara dihadiri pula Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dan Direktur Eksekutif Departemen Regional I - Bank Indonesia Dian Ediana Rae.

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam Makalah berjudul “Strategi dan Kebijakan Pemerintah Dalam Pelaksanaan Undang-Undang Desa Tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi” Gubernur menyampaikan Program Provinsi yang bersifat Khusus  yakni Gerbang Desa Saburai. 

"Tahun 2016 untuk 100 Desa dengan  Kategori desa tertinggal, tiap desa mendapat Rp 300 Juta.  Sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 sampai dengan 2018, guna membangun infrastruktur desa dan di tahun 2017 direncanakan 230 desa," jelasnya.

Adapun bantuan Keuangan bersifat umum diberikan pada 2435 desa berupa bantuan Peningkatan administrasi desa.  Masing-masing desa menerima Rp. 6 Juta per desa.

"Tercatat Indek Kemajuan Desa (IKD) pada tahun 2015 yaitu Desa Maju : 391 Desa, Desa Berkembang : 1.052 Desa, Desa Kurang Berkembang : 819 Desa dan Desa Tertinggal : 378 Desa. Untuk tahun 2017 Pemerintah Provinsi akan melaksanakan Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat, Pilot Project Desa Percontohan Berbasis Informatika Teknologi 1 Desa di setiap Kabupaten," papar Gubernur.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara menyampaikan pada tahun 2015 tercatat, 88,1 Juta Penduduk Indonesia sebagai pengguna Internet dengan usia diatas 15 Tahun. Sedangkan Desa Broadband terpadu tahun 2016 sejumlah 500 desa.

"Untuk Prioritas yaitu desa di daerah terluar , terjauh, tertinggal dan diperbatasan, dengan kondisi listrik dan akses telepon yang siap (3 G)," jelas Menteri.

Diuraikannya, guna menjabarkan Program Revolusi Mental, Kementerian Komunikasi dan Informatika membentuk Agen Perubahan Informatika yaitu Penggerak Revolusi Mental dibidang Informatika.

Kegiatan ini dimotori oleh Relawan TIK. Diharapkan para Relawan dapat memberi edukasi yaitu berinternet secara cerdas, kreatif dan produktif. Selain itu dapat mempromosikan, menularkan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat dibidang informatika.

Narasumber lain Dian Ediana Rae memaparkan, Implementasi Transaksi Non Tunai akan meningkatkan akses menuju perbankan dan menyediakan layanan perbankan (Menginisasi Tab Banking). 

Sehingga masyarakat desa dapat membuat akun perbankan tanpa memasukan dokumen fisik. Selain itu menyediakan layanan Bank seperti laporan dan pengiriman uang serta transfer dana dalam telpon genggam yang tersambung dengan uang elektronik dan sms.

"Dampak dari Keuangan Inklusif dan Elektronifikasi adalah lebih efisien, praktis dan akses lebih luas. Selain itu meningkatkan transparansi dan keamanan, meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian, perencanaan ekonomi lebih akurat," tambahnya. (Rls)
Item Reviewed: M. Ridho Ficardo Menjadi Narasumber Seminar Nasional Rating: 5 Reviewed By: Unknown