728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 17 Mei 2016

Gubernur Lampung : Perlombaan Desa Sekaligus Evaluasi Pembangunan Bersama Masyarakat

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Theresia Sormin. Foto : Humas Pemprov Lampung
BANDARLAMPUNG,-Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo berharap Penyelenggaraan Lomba Desa/Kelurahan Program Terpadu Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS), Gerakan Sayang Ibu (GSI) dan Bina Keluarga Balita (BKB) Tingkat Provinsi Lampung dapat mempercepat pembangunan kawasan pedesaan di berbagai aspek kehidupan. 

Demikian disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Theresia Sormin, dalam acara penilaian Lomba Desa/Kelurahan di Pekon Serak Kabupaten Pesisir Barat, Selasa (17/05/2016).

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana melalui Kabag Humas Heriyansyah, dalam sambutan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Theresia Sormin menjelaskan bahwa perlombaan desa dan kelurahan ini merupakan tolak ukur sekaligus evaluasi atas keberhasilan pembangunan bersama masyarakat desa dan kelurahan.

Adapun indikator penilaian desa/kelurahan meliputi Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Bidang Kewilayahan Desa dan Kelurahan serta Bidang Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan.

Selain itu Gubernur Lampung menjelaskan, perlombaan Desa/Kelurahan juga dilaksanakan lomba P3KSS, GBI dan BPB Tingkat Provinsi Lampung yang bertujuan untuk menilai dan memperoleh gambaran dan dampak dari pelaksanaan program tersebut serta meningkatkan kualitas kehidupan perempuan dan menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi.

"Pembangunan Desa/Kelurahan/Tiyuh harus dilakukan secara terencana dengan baik dan menyentuh kebutuhan real masyarakat desa sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan di kawasan pedesaan", ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menjelaskan bahwa terpilihnya Pekon Seray dalam penilaian Lomba Pekon Tingkat Provinsi Lampung adalah hasil Penilaian Tim Penilai Tingkat Kabupaten Pesisir Barat yang telah menilai semua desa dan kelurahan di Pesisir Barat pada 9 Maret 2016 lalu.

Terkait perlombaan pekon ini, Bupati Pesisir Barat berharap dapat meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara pemerintah pekon dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan. 

Sehingga dapat memberi dorongan bagi masyarakat Pekon Seray khususnya untuk terus membangun di segala aspek kehidupan yang dilaksanakan secara partisipatif, terencana dan terpadu sehingga dapat terus mengembangkan jiwa swasembada dan gotong royong.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah bersamaan dengan acara penilaian Lomba Pekon ini juga diselenggarakan acara Bina Keluarga Balita (BKB) dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang anak dan balita secara optimal.

"Program ini merupakan upaya peningkatan kesadaran para ibu serta anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang anak balita dan pemenang pertama kader BKB Tingkat Provinsi akan mengikuti seleksi Nasional di Jakarta dalam rangka Hari Keluarga Nasional Tahun 2016", tambahnya. (Rls)
Item Reviewed: Gubernur Lampung : Perlombaan Desa Sekaligus Evaluasi Pembangunan Bersama Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Unknown